en id

PT ANGKASA PURA I DUKUNG PELAKSANAAN PELEPASAN EMBARKASI JEMAAH HAJI 1443 H DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL PATTIMURA AMBON

24 Jun 2022

kembali ke list


Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon kembali mendukung pelaksanaan pelepasan embarkasi Jemaah Haji setelah 2 tahun lamanya tertunda karena Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Pada pelepasan embarkasi Jemaah Haji 1443 H ini, Jemaah Haji berjumlah 490 orang dan 54 panitia diberangkatkan menuju Makassar menggunakan 3 pesawat Lion Air.

Para Jemaah Haji tiba di Ruang VIP Pemda Maluku pada pukul 05.40 WIT dengan menggunakan bus sebanyak 26 unit. Dari ruang VIP Pemda, Jemaah Haji diantar menuju pesawat melalui jalur di sisi udara/airside dengan pembagian sebagai berikut:
-    10 bus pertama mengangkut calon jemaah Haji sebanyak 215 jemaah yang terdiri dari: 162 Jemaah yang berasal dari Kota Ambon, 19 Jemaah dari Kabupaten Buru Selatan, 3 Jemaah dari Kabupaten Maluku Barat Daya, 7 Jemaah dari Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan 24 Jemaah dari Kabupaten Seram Bagian Timur. Jemaah Haji tersebut diberangkatkan menggunakan pesawat Lion Air jenis pesawat B739ER/738 dengan nomor penerbangan JT5791 pada pukul 07.31 WIT.

-    10 bus selanjutnya mengangkut calon jemaah Haji sebanyak 205 jemaah yang terdiri dari: 63 Jemaah yang berasal dari Kabupaten Maluku Tengah, 22 Jemaah dari Kabupaten Seram Bagian Timur, 44 Jemaah dari Kabupaten Seram Bagian Barat, 45 Jemaah dari Kabupaten Buru, dan 31 Jemaah dari Kabupaten Maluku Tenggara; serta 10 orang panitia. Jemaah Haji dan panitia tersebut diberangkatkan menggunakan pesawat Lion Air jenis pesawat B739/738 dengan nomor penerbangan JT5881 pada pukul 08.09 WIT.

-    6 bus berikutnya mengangkut calon Jemaah Haji sebanyak 70 jemaah yang terdiri dari: 47 Jemaah yang berasal dari Kota Tual dan 23 Jemaah dari Kabupaten Aru; serta 44 orang panitia. Jemaah Haji dan panitia tersebut diberangkatkan menggunakan pesawat Lion Air jenis pesawat B739/738 dengan nomor penerbangan JT791 pada pukul 08.55 WIT.

Dalam pelaksanaan pelepasan tersebut, PT Angkasa Pura I juga berupaya memberikan pelayanan dan kemudahan bagi para pengantar Jemaah Haji yaitu berupa penyediaan layanan live stream yang terbagi di 2 lokasi yaitu di Ruang Tunggu Terminal Penumpang dan Hall Kedatangan Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon. Bagi para pengantar Jemaah Haji yang berminat untuk melihat view pesawat secara langsung maka dapat menyaksikan live streaming dari Ruang Tunggu Terminal Penumpang. Di lokasi tersebut juga disediakan tempat duduk dan snack untuk para pengantar dengan kuota maksimal sebanyak 100 pengantar. Sedangkan di Hall Kedatangan, para pengantar dapat menyaksikan live streaming melalui layar yang telah disediakan.

“PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Ambon merasa bangga dapat mendukung dan melayani pelaksanaan pelepasan embarkasi Jemaah Haji 1443 H. Selanjutnya, dengan penyediaan layanan live stream diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengantar Jemaah Haji. Akhir kata, segenap manajemen mengucapkan selamat beribadah haji kepada para jemaah, semoga lancar dalam perjalanan dan kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji mabrur” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon Pribadi Maulana.